Tiket Masuk, Rute dan Lokasi Kebun Binatang Solo Safari

Presiden Joko Widodo melihat Solo Safari (IG @pagaralam_pos_online)

 Kebun Binatang Solo Safari, sebelumnya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug di Solo, Jawa Tengah, kini menjadi salah satu tempat wisata baru yang menawarkan kombinasi wisata alam dan edukasi dengan luas 37,9 hektare dan memiliki 400 ekor hewan dari 87 spesies, termasuk 97 spesies yang dilindungi. 

Solo Safari Zoo membuka kembali setelah revitalisasi tahap pertama selesai pada 27 Januari 2023, dengan fasilitas dan wahana yang sudah cukup lengkap meski baru mencapai 70% pembangunannya.

Berdasarkan slogan ‘Konservasi, Edukasi, dan Rekreasi’, Solo Safari Zoo diharapkan menjadi tempat wisata favorit di Solo karena lebih dari sekedar kebun binatang biasa, melainkan lembaga konservasi yang memiliki tujuan memperbanyak jumlah satwa melalui breeding. 

Proyek revitalisasi ini merupakan revisi dari Jurug Solo Zoo yang sudah beroperasi selama lebih dari 4 dekade, dibangun dengan konsep baru dan modern sesuai standar Taman Safari Indonesia. Revitalisasi ini direncanakan akan berlangsung dalam 2 tahap, dengan tahap pertama sudah selesai dan tahap kedua akan dimulai pada 2023.

Setelah revitalisasi tahap pertama, Solo Safari Zoo akan dibuka kembali untuk wisatawan dengan batas jumlah pengunjung 2000 orang per hari. 

Dalam pembukaan ini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis hewan seperti Komodo, Tapir, Orang Utan, Zebra, dan Gajah Sumatera, dan pembangunan masih terus berlangsung dengan penambahan koleksi hewan.

Koleksi Solo Safari

Pengunjung berfoto dengan salah satu koleksi Solo Safari (IG @another2discover)

Taman binatang Solo Safari memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap, termasuk kelelawar, harimau sumatra, macan tutul, dan berbagai jenis satwa lain. Taman ini juga memiliki koleksi satwa endemik dari Asia dan Afrika, seperti rusa timor, tapir, blackbuck dari Asia dan zebra, sitatunga, watusi dari Afrika.

Satwa-satwa di taman ini ditempatkan dalam kandang terbuka yang sesuai dengan habitat aslinya, sehingga wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan mereka dan memberi makan. Setiap kandang juga dilengkapi dengan papan informasi mengenai nama, nama latin, asal daerah, dan informasi penting lainnya.

Taman ini juga memiliki koleksi flora, seperti pinus, munggur, cemara, akasia, yang membuat taman semakin hijau dan asri. Taman ini juga berdekatan dengan danau dan sungai Bengawan Solo, membuat pengalaman wisata semakin istimewa.

Tapir, salah satu koleksi Solo Safari (IG @visit.surakarta)


Fasilitas Solo Safari

Menurut informasi dari situs resmi @solosafari.id di Instagram, kebun binatang Solo Safari memiliki banyak fasilitas untuk dinikmati oleh pengunjung. 

Ada area jelajah yang luas dengan tempat duduk untuk beristirahat, area bermain untuk anak-anak, seperti kereta kelinci, bumper car, merry go around, komidi putar, istana balon, dan masih banyak lagi.

Kebun bintang Soo Safari memiliki taman pelangi dengan pertunjukan air mancur yang menari. Wisatawan dapat menikmati dancing fountain di tengah danau dengan lebar 18 meter yang mampu menembakkan air hingga ketinggian 30 meter. Pertunjukan air mancur juga dilengkapi dengan layar air yang menayangkan video cerita anak-anak.

Ada pula restoran terbuka bernama Makunde Restoran yang berdekatan dengan kandang singa. Fasilitas lain yang tersedia termasuk foodcourt, toko suvenir, panggung terbuka, dan lainnya. Solo Safari Zoo juga memiliki fasilitas umum seperti masjid, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Kebun binatang Solo Safari juga dilengkapi dengan Monumen Gesang dan rumah kaca untuk mengawetkan hewan yang mati.

info solo safari
Denah lokasi Solo Safari (Instagram @solosafari.id)

Tiket Masuk Kebun Binatang Solo Safari

Solo Safari menentukan harga tiket masuk yang berbeda untuk pengunjung berdasarkan hari dan kelompok usia. Berikut ini adalah rinciannya:

Hari Biasa

- Dewasa: Rp 45.000

- Anak-anak (3-6 tahun): Rp 30.000

Hari Libur Nasional

- Dewasa: Rp 60.000

- Anak-anak (3-6 tahun): Rp 45.000

Untuk bayi usia maksimal 24 bulan, tiket masuk gratis.

Jam Operasional Solo Safari

Pengunjung harus mengetahui jam buka kebun binatang Solo Safari. Solo Safari buka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 16.30 WIB.

Perubahan jam buka mungkin terjadi karena adanya tambahan wahana dan fasilitas, termasuk pembukaan hingga malam hari.

Rute dan Lokasi Kebun Binatang Solo Safari

Kebun Binatang Solo Safari terletak di Jalan Ir. Sutami No. 109, Kel. Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 4,5 kilometer atau 10 menit dari Kantor Wali Kota Surakarta, melalui Jalan Jenderal Urip Sumoharjo dan Jalan Ir. Juanda.

Untuk mempermudah akses pengunjung, Solo Safari sudah terintegrasi dengan layanan transportasi umum Batik Solo Trans. 

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memasuki jalan tol dan keluar di exit tol Karanganyar, lalu melanjutkan perjalanan melalui jembatan Jurug. Kebun Binatang Solo Safari berada di antara Sungai Bengawan Solo dan kampus UNS.

Demikian sekilas info tentang kebun binatang Solo Safari sebagai tempat wisata yang cocok bagi keluarga dan teman-teman. Fasilitas dan koleksi satwa yang lengkap membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan dan bermakna di tempat ini. 

Posting Komentar untuk "Tiket Masuk, Rute dan Lokasi Kebun Binatang Solo Safari "

loading...