Menara Langit Merapi, Wahana Baru Wisata Ketep Pass Tawarkan View 360 Derajat Dan Panorama 7 Gunung

wahan Menara Langit Merapi-Ketep Pass-Magelang
Menara Langit Ketep adalah menara pandang 3 lantai dengan view 360 derajat dan
panorama 7 gunung (via IG @badrikaaa)

Objek wisata Ketep Pass di Kabupaten Magelang yang terletak di dataran tinggi Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, kini dilengkapi dengan wahana baru yaitu Menara Langit Merapi

Menara Langit Merapi adalah menara pandang setinggi 18 meter yang menawarkan panorama 7 gunung sekaligus. Terdiri dari tiga tingkat dengan bagian atas berbentuk lingkaran, menara ini berlokasi di ketinggian 1.500 Mdpl.

Wahana Menara Langit Merapi Ketep Pass (IG @keteppassmagelang)

Meskipun menara ini dapat menampung hingga 150 orang, jumlah pengunjung yang diizinkan naik sekaligus dibatasi menjadi 80 orang untuk mempertimbangkan segi kekuatan teknis dan kenyamanan pengunjung. Durasi kunjungan di menara dibatasi antara 15 hingga 20 menit.

Menara pandang Ketep Pass terbuat dari kerangka besi dan terdiri dari tiga lantai berbentuk lingkaran dengan ketinggian 9 atau 11 meter. 

Dari menara ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan 360 derajat yang memperlihatkan indahnya lereng Gunung Merapi dan gunung-gunung di sekitarnya. 

Ada 7 puncak gunung yang bisa dilihat dan dinikmati dari Menara Pandang, yakni puncak Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet, Telomoyo dan Andong. 

Menara Langit Ketep Pass dikelilingi 7 gunung.

Selain Menara Pandang, Ketep Pass juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum seperti landskap, tempat istirahat, toilet bersih dan modern, kios oleh-oleh UMKM, dan lima warung kuliner untuk melayani pengunjung yang lapar dan haus.

Untuk menuju menara pandang, pengunjung harus melewati skywalk sepanjang sekitar 16 meter yang menghubungkan prasasti Ketep Pass ke lantai dua gardu pandang Menara Langit.

Selain sebagai objek wisata, menara ini juga dapat membantu dalam mitigasi bencana dan pengamatan aktivitas Gunung Merapi. Terletak di kawasan rawan bencana (KRB) III Merapi sekitar 9,5 km dari puncak, menara ini sangat mendukung untuk melakukan pengamatan dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang kondisi Gunung Merapi.

Tiket Masuk Dan Buka Wahana Menara Langit Ketep Pass

Menara Pandang ikon baru wisata Ketep Pass

Karena wahana Menara Langit berada di wilayah wisata Ketep Pass, maka untuk mengunjungi Menara Langit, pengunjung harus membeli tiket masuk Ketep Pass terlebih dahulu.

Untuk mengunjungi objek wisata Ketep Pass Magelang, pengunjung perlu membayar tiket masuk sesuai dengan waktu kunjungan. 

Pada hari biasa, yaitu Senin hingga Sabtu, tiket masuknya seharga Rp 10.500 per orang, sedangkan pada hari Minggu atau hari libur nasional, harganya menjadi Rp 12.500 per orang. 

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli tiket bioskop seharga Rp 9.000 per orang untuk menonton kejadian erupsi Merapi.

Bagi yang ingin menikmati wahana baru Menara Langit, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Selama masa promo tarif tiket Rp 9000 sudah termasuk tiket masuk wahana Volcano Theater.

Di sana, terdapat juga fasilitas teropong yang dapat disewa untuk melihat aktivitas Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta keindahan alam sekitar.

Wisata Ketep Pass buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Karena Menara Langit berada di lokasi yang sama, maka jam operasionalnya kemungkinan akan sama dengan jam buka Ketep Pass.

Lokasi Menara Langit Merapi

lokasi Menara Langit Ketep Pass
Menara Langit Ketep Pass di Magelang (via IG @badrikaaa)

Untuk mencapai Menara Langit, pengunjung cukup pergi ke Ketep Pass, di mana Menara Langit berada. Wisata Ketep Pass terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Dari pusat kota Magelang, jaraknya sekitar 26 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara motor, di mana kondisi medan jalan sudah beraspal mulus. 

Selain itu, wisata Ketep Pass juga dapat diakses dari beberapa wilayah lain seperti Boyolali (34 km), Salatiga (35 km), dan Yogyakarta melalui Muntilan (43 km).

Posting Komentar untuk "Menara Langit Merapi, Wahana Baru Wisata Ketep Pass Tawarkan View 360 Derajat Dan Panorama 7 Gunung"

loading...