Wisata Telaga Madirda Di Sekitar Tawangmangu

info wisata Telaga Madirda Karanganyar
Wisata Telaga Madirda

Telaga Madirga adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Karanganyar. Lokasi tepatnya berada di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lokasi wisata Telaga Madirda yang berada di bawah kaki Gunung Lawu ini terkenal memiliki keindahan alam yang indah dan berhawa sejuk, serta fasilitas yang cukup memadai untuk wisatawan yang berkunjung. Letak Telaga Madirda masih berada di sekitar Tawangmangu.

Telaga seluas sekitar 1000 M2 ini dikelilingi perbukitan dan pepohonan yang menjulang tinggi. Telaganya sendiri berada di sebuah cekungan datar sekitar 3000 M2. Siapa pun akan merasa nyaman dan kerasan di tempat sejuk ini.

Pada awalnya Telaga Madirga hanyalah sebuah telaga kecil alami, lalu dengan peran Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), telaga tersebut kemudian dikeruk dan diperbesar lokasinya hingga akhirnya dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik.

Berada di tempat ini kita akan menemukan suasana ketenangan, gemericik air yang jernih serta panorama alam yang indah khas pegunungan.

Saat ini Telaga Madirda sudah menjadi salah satu destinasi wajib bagi pengunjung wisata Tawangmangu maupun Ngargoyoso. 

Kedua kecamatan ini merupakan daerah andalan wisata Kabupaten Karanganyar. Lokasi keduanya berdekatan bahkan bertetangga. Jadi meskipun lokasi Telaga Madirda masuk wilayah Ngargoyoso, namun bisa diakses juga melalui Tawangmangu.

Untuk pengunjung juga tersedia fasilitas umum berupa parkir yang luas, toilet, warung makan, gazebo dan tempat duduk di sejumlah titik.


Aktivitas Di Telaga Madirda Yang Tak Boleh Dilewatkan


Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan atau temukan di Telaga Madirga Tawangmangu :

- Berjalan-jalan di sekitar telaga : sudah pasti kamu tergerak menyusuri sepanjang telaga saat berada disini, karena setiap sudutnya menawarkan keindahan alam yang menggoda.

- Beristirahat dan bersantai di tepi telaga sambil menikmati suasana yang tenang dan damai. Terdapat berbagai spot di sekitar telaga yang bisa menjadi tempat nongkrong cantik. 

- Berfoto dengan latar belakang telaga: Telaga Madirga merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berfoto, terutama dengan latar belakang telaga yang indah. 

- Bermain air di tepi telaga. Di sekitar telaga Madirda terdapat sumber air yang mengucur seperti pancuran atau air terjun mini yang dibentuk seperti kolam dangkal dengan jalan setapak untuk melewatinya. Disini kita bisa bermain air, atau membuat konten untuk mengisi feed sosmed.

- Menyewa kano atau perahu bebek berkeliling telaga menjadi aktivitas lain yang tak kalah menyenangkannya.  

- Makan siang di restoran: Di Telaga Madirga Tawangmangu terdapat beberapa restoran yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Anda dapat memesan makanan dan minuman sesuai selera Anda di salah satu restoran yang tersedia di sini.

- Menyewa perahu: Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi telaga. Dengan menyewa perahu, Anda dapat menikmati keindahan Telaga Madirga Tawangmangu dari dekat dan mengelilingi telaga dengan lebih mudah.

- Camping ground : disini juga tersedia fasilitas tempat camping memadai, termasuk dengan peralatannya jika dibutuhkan. 

- Memberi makan ikan : pengunjung juga bisa memberi makan pada ikan-ikan yang berada di telaga ini. Aktivitas ini bisa memancing kedatangan ikan bergerombol dan ini menjadi spot foto yang menarik.

- Jika berkunjung pada waktu yang tepat, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan kebudayaan setempat yang diadakan di sekitar Telaga Madirga Tawangmangu. Salah satunya upacara Melasti oleh umat Hindu setempat menjelang perayaan Hari Raya Nyepi.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional Telaga Madirda

Sampai akhir 2022, untuk memasuki wisata Telaga Madirda setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

Disamping itu untuk retribusi kendaraan roda 2 sebesar 2 ribu dan mobil 5 ribu.

Untuk menaiki wahana kano tarifnya Rp 15 ribu per 15 menit, perahu bebek Rp 20 ribu per 15 menit, ada juga mainan panahan tarifnya Rp 10 ribu.

Telaga Madirda buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Untuk jam operasional wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB. Pada hari libur biasanya jam bukanya lebih panjang.

Waktu terbaik mengunjungi wisata telaga Madirda di Karanganyar ini pada pagi hari sampai siang dan disarankan tidak datang di musim hujan, mengingat jalanan cukup licin dan panorama cantik telaganya tertutup kabut.

Dengan biaya yang sangat terjangkau tersebut kita sudah bisa menikmati keindahan Telaga Madirda dan melakukan berbagai akvitas menyenangkan. 

Berkemah

Di Telaga Madirga terdapat camping ground dengan fasilitas penunjangnya.

Bagi pengunjung yang berniat mendirikan kemah di camping ground dikenakan tarif sebagai berikut :

- Kemah dengan tenda dan peralatan dibawa sendiri Rp 25 ribu/tenda.

- Sewa tenda dan kelengkapannya (matras, sleeping bag dan lampu tenda) Rp 100 ribu/2 orang, Rp 150 ribu/4 orang, Rp 350 ribu/6 orang, dan Rp 400 ribu/8 orang.

- Kayu bakar untuk api unggun Rp 20 ribu/ikat, dan tong khusus untuk tempat api unggun Rp 5 ribu.


Cara Menuju Telaga Madirda

Seperti sudah disebut diawal, lokasi Telaga Madirda ini sebenarnya masuk wilayah Kecamatan Ngargoyoso. Namun orang awam lebih mengenalnya sebagai Telaga Madirda Tawangmangu.

Tidak salah juga, karena kita bisa mencapai lokasinya melalui jalur Ngargoyoso maupun Tawangmangu.

Untuk mencapai Telaga Madirda hanya bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Dari pusat kota kabupaten Karanganyar, jarak ke Telaga Madirda sekitar 27 KM. Anda dapat mengikuti jalan utama yang menuju Tawangmangu melalui Karangpandan. Lanjutkan perjalanan lurus menyusuri jalan utama Karangpandan-Tawangmangu dan lewati pertigaan menuju Kemuning.

Setelah sampai di Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention, beloklah ke kiri, kemudian belok kiri lagi di pertigaan pertama setelah belok kiri dari Jawa Dwipa.

Lanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan dengan plang petunjuk arah menuju Telaga Madirda, kemudian belok kanan di pertigaan tersebut. Ikuti jalan utama hingga tiba di Telaga Madirda.

Secara umum, jalan ke Telaga Madirda tidak terlalu lebar, meskipun kondisi jalannya baik dan sudah beraspal. Namun, hanya cukup dilewati kendaraan pribadi saja. Terdapat banyak tanjakan atau turunan curam yang harus dilewati untuk mencapai lokasi, dan membutuhkan ketrampilan mengemudi untuk melalui jalan tersebut.

Jika menggunakan aplikasi navigasi, sebaiknya tidak mengikuti sepenuhnya. Jika Anda menemukan jalan bercabang dan merasa ragu lewat yang mana, sebaiknya bertanya pada warga lokal.

Posting Komentar untuk "Wisata Telaga Madirda Di Sekitar Tawangmangu"

loading...