Info Lengkap Wisata Soko Alas Ponggok Klaten : Wahana, Tiket Masuk, Dan Jam Buka

Info wisata Soko Alas Ponggok Klaten

Wisata Kabupaten Klaten kian menggeliat belakangan ini, seakan tak mau kalah dengan tetangganya Yogyakarta. Berbagai wisata baru pun bermunculan dengan kelebihan masing-masing. Yang terbaru ada Soko Alas Ponggok, sebuah wahana wisata yang menawarkan wisata air dengan konsep art of destination.

Seperti apa selengkapnya wahana yang terdapat di dalam Soko Alas Ponggok di Klaten ini, dapat disimak dalam ulasan lengkap berikut.

Konsep Wisata Soko Alas Ponggok


Soko Alas Ponggok: Tempat Wisata Baru dengan Sentuhan Seni Kayu di Klaten

Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, selama ini dikenal dengan wisata umbulnya. Namun kini, wisata baru telah dibuka di sana, yakni Wahana Soko Alas. Berbeda dengan wisata air sebelumnya, Soko Alas Ponggok dikembangkan dengan konsep The Art of Destination, yang menampilkan ilustrasi seni kerajinan kayu.

Bola dunia dari instalasi kayu yang unik.

Sesuai namanya, Soko Alas menampilkan spot-spot yang terbuat dari limbah kayu hutan. Oleh karena itu, perangkat mebel yang digunakan di kawasan ini memanfaatkan limbah kayu, seperti potongan-potongan kayu atau ranting yang dibentuk menjadi dekorasi seni. Sentuhan seni ini tampak pada gapura Soko Alas Ponggok yang terbuat dari kerajinan kayu di pintu masuk.

Pengunjung disambut dengan gapura besar yang terbuat dari potongan-potongan kayu di bagian depan. Di sana juga terdapat panggung dengan panorama danau serta spot lainnya yang berbatasan dengan jalan raya dan area persawahan di Ponggok. Di tengah kawasan, terdapat bola besar yang terbuat dari potongan-potongan ranting pohon dan waduk seluas 5.000 meter persegi.

Tepian waduk dilengkapi dengan kursi dan beberapa payung jerami yang menciptakan suasana seperti di tepi pantai beach club di Bali atau Thailand. 


Jika berjalan lebih dalam lagi kamu akan menjumpai dua kolam renang, masing-masing dengan kedalaman 50 sentimeter dan 140 sentimeter. Di tepian kolam renang tersedia banyak kursi malas yang dilengkapi peneduh dan terbuat dari anyaman bambu. 

Kawasan wisata Soko Alas Ponggok juga dilengkapi dengan aneka pepohonan, seperti pohon pandan laut, pohon pule, pohon tabebuya, pohon kamboja, dan pohon buah maja. Selain itu, kawasan ini dihiasi dengan patung hewan yang terbuat dari potongan kayu, seperti gajah dan dinosaurus.

Bagian atas kawasan menawarkan pemandangan taman cantik yang dilengkapi dengan kafe dan restoran, joglo, dan ruang pertemuan tertutup. Tempat untuk menyantap makanan didesain secara estetik dengan dilengkapi tirai berbahan potongan kayu.

Wahana Dan Fasilitas Soko Alas Ponggok


Embung dengan vibes ala-ala beach club di Bali (IG @wahanasokoalas)


Berikut adalah wahana dan kegiatan wisata yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Wahana Soko Alas Klaten:

1. Menikmati instalasi seni kayu: Konsep dari Wahana Soko Alas adalah The Art of Destination, yang menampilkan ilustrasi-ilustrasi seni kerajinan tangan, terutama dari kayu. Terdapat sejumlah instalasi karya seni kayu di dalam wahana, termasuk gapura masuk, monumen bola dari kayu, dan patung dinosaurus yang diukir.

2. Mengambil foto di spot yang Instagramable: Selain instalasi seni kayu, Wahana Soko Alas juga menawarkan sejumlah spot foto yang estetik dan Instagramable. Beberapa tempat yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto termasuk area tempat duduk yang menghadap embung, taman, dan resto di joglo dengan pemandangan taman dan kolam renang.

3. Aktivitas di embung: Di area embung, pengunjung dapat melakukan lebih dari sekadar bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah, terutama menjelang matahari terbenam. Di sini terdapat banyak ikan di embung tersebut dan pengunjung dapat memberi makan ikan sehingga ikan-ikan tersebut akan berkumpul. Pilihan lain adalah mengelilingi embung dengan perahu bebek atau kano.

4. Aktivitas untuk anak-anak: Terdapat ATV dan scooter listrik yang dapat disewa untuk mengeksplorasi kawasan wisata Soko Alas Klaten ini.

5. Berenang: Perjalanan ke Ponggok Klaten belum lengkap tanpa berenang. Wahana Soko Alas menyediakan kolam renang untuk para wisatawan. Ada kolam renang khusus untuk anak-anak dan dewasa. Semua kolam tidak terlalu dalam sehingga aman bagi anak-anak.

Kolam renang yang luas (IG @dimasvlens)

6. Menikmati makanan di restoran: Setelah beraktivitas atau berenang, para pengunjung dapat menikmati hidangan di restoran Wahana Soko Alas. Restoran ini terletak di area joglo yang menawarkan pemandangan taman dan kolam renang. Terdapat menu yang beragam, enak, dan terjangkau, seperti bandeng goreng, nila goreng, sampai bebek goreng.

Mengadakan pertemuan: Wahana Soko Alas juga menyediakan ruang pertemuan untuk berbagai keperluan seperti acara outing kantor, meeting, gathering, bahkan arisan. Para wisatawan yang ingin mengadakan pertemuan sambil berlibur dapat memanfaatkan ruangan tersebut.

Resto berbentuk joglo.

Wahana lain di Soko Alas juga masih terus dikembangkan, sehingga dengan berjalannya waktu akan selalu ada penambahan fasilitas dan wahana baru lain yang ditambahkan.

Sedangkan untuk fasilitas umum yang tersedia juga cukup memadai, seperti tempat parkir yang luas, mushola, toilet/kamar mandi, 2 buah kolam renang yang besar, bangku santai, termasuk berbagai spot foto yang instagramable.

Tiket Masuk Soko Alas Ponggok



Tiket masuk Soko Alas Ponggok yang diberlakukan oleh pihak pengelola untuk menikmati semua wahana dan fasilitas di wisata Soko Alas Ponggok di Klaten cukup terjangkau. Harga tiket disesuaikan dengan hari kunjungan dan jumlah orang.

Untuk hari kerja (weekdays), tiket masuk seharga Rp 10.000, sedangkan untuk hari libur nasional dan akhir pekan (weekend), tiket masuk seharga Rp 15.000 per orang.

Ketentuan tiket masuk tersebut berlaku bagi pengunjung yang berusia 3 tahun ke atas. Pengunjung yang berusia di bawah 3 tahun tidak perlu membeli tiket, alias gratis.

Jam Buka Soko Alas Ponggok



Buat kalian yang berencana berkunjung ke Soko Alas, perlu memperhatikan jam operasionalnya.

Wahana wisata Soko Alas Ponggok-Klaten dibuka setiap hari dengan ketentuan sebagai berikut :

- Senin - Jumat buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

- Sabtu - Minggu dan Hari Libur Nasional buka lebih awal, sejak pukul 07.30 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB.

Lokasi Soko Alas Ponggok

Gapura Soko Alas Ponggok yang estetik terbuat dari
instalasi kayu jati.

Cara menuju wisata Soko Alas Ponggok di Klaten ini cukup mudah dijangkau untuk pengunjung luar kota. 

Wisata Soko Alas Ponggok berada di Jalan Delanggu-Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bermodalkan peta di Google maps kamu pasti tidak akan salah jalan.

Untuk menuju ke lokasi, kamu dapat memulai perjalanan dari Alun-alun di pusat kota Klaten, dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh jarak sejauh 13 kilometer ke destinasi wisata Soko Alas Ponggok.

Meskipun agak jauh dari pusat kota, akses ke Soko Alas Ponggok cukup mudah dan bisa dicapai menggunakan mobil atau motor dengan jalan yang sudah cukup baik.

Soko Alas Ponggok adalah objek wisata baru yang menarik di Klaten, Jawa Tengah yang patut untuk dikunjungi. Selain memiliki konsep seni yang unik, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk berfoto Instagram.

Posting Komentar untuk "Info Lengkap Wisata Soko Alas Ponggok Klaten : Wahana, Tiket Masuk, Dan Jam Buka"

loading...